Waktu Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban artinya selama 4 hari dimulai setelah sholat idul adha tanggal 10 dzulhijjah sampai tanggal 13 dzulhijjah atau yang disebut dengan “ayyaamut tasyriq”. sesampai bila ada yang menyembelih hewan diluar waktu tersebut, tidak berqurban tapi hanya sebagai shodaqoh bicita-cita. hal ini sesuai dengan hadits : “barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat idul adha, maka itu tidak dianggap nusuk (qurban). itu hanya sekedar daging bicita-cita untuk dimakan keluarganya” (hr. bukhari -muslim)

– awal waktu
awal waktu menyembelih hewan qurban artinya setelah shalat ied secara pribadi, tidak dipersyaratkan menunggu sampai selesai khutbah. bila di sebuah daerah tidak terdapat pelaksanaan shalat ied, maka waktunya diperkirakan dengan ukuran shalat ied. dan barangsiapa yang menyembelih sebelum waktunya maka diqadha pada waktunya bila qurbannya wajib alcita-citannya nadzar. atau dinilai sebagai daging bicita-cita bila qurban yang sunnah serta diperbolehkan untuk menggantinya pada waktunya bila menghendaki.

dalilnya artinya hadits-hadits berikut:
a. hadits al-bara` bin ‘azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“barangsiapa yang shalat mirip shalat kami dan menyembelih hewan qurban mirip kami, maka telah benar qurbannya. dan barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat maka hendaklah dia menggantinya dengan yang lain.” (hr. al-bukhari no. 5563 dan muslim no. 1553)

– akhir waktu

waktu penyembelihan hewan qurban artinya 4 hari, hari idul adha dan tiga hari sesudahnya. waktu penyembelihannya berakhir dengan karamnya matahari di hari keempat yaitu tanggal 13 dzulhijjah.

ini artinya pendapat ‘ali bin abi thalib radhiyallahu ‘anhu, al-hcita-citan al-bashri imam penduduk bashrah, ‘atha` bin abi rabah imam penduduk makkah, al-auza’i imam penduduk syam, asy-syafi’i imam fuqaha ahli hadits rahimahumullah. pendapat ini dipilih oleh ibnul mundzir, ibnul qayyim dalam zadul ma’ad (2/319), ibnu taimiyah, al-lajnah ad-da`imah (11/406, no. fatwa 8790), dan ibnu ‘utsaimin dalam asy-syarhul mumti’ (3/411-412).

alcita-citannya disebutkan oleh ibnul qayyim rahimahullahu sebagai berikut:

hari-hari tersebut artinya hari-hari mina.
hari-hari tersebut artinya hari-hari tasyriq.
hari-hari tersebut artinya hari-hari melempar jumrah.
hari-hari tersebut artinya hari-hari yang diharamkan pucita-cita padanya.

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“hari-hari tasyriq artinya hari-hari makan, minum, dan dzikir kepada allah subhanahu wa ta’ala.”

kami menyediakan banyak sekali jenis hewan qurban terutama sapi qurban, kami menjual sapi qurban yang berkualitas, sesuai syariah dan kriteria hewan qurban, hewan qurban yang kami jual selalu di jaga kesehatan nya, dan juga di rawat dari pakan nya, hal ini membuat hewan qurban kami memiliki kualitas yang baik dan bebas dari penyakit.

bagi anda yang berminat dan ingin tahu lebih lanjut silakan berkunjung pribadi ke sangkar kami atau mampu menghubungi costumer service kami berikut ini:
call center 022. 8780 5529
hp. 0818 0948 5192 (xl)
hp. 0813 2148 6068 (simpati)
hp. 0856 0768 1718 (im3)
pin. bb . 5832 f5c9

lokasi sangkar :
cicaheum atas bandung

Leave a Comment

Name (required)
Email (required)
Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>