Pengertian Ibadah Qurban

bulan dzulhijjah merupakan salah satu bulan suci bagi umat muslim dimana mereka diperintahkan untuk berqurban yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban yang disyariatkan dalam hukum islam mirip kambing, sapi, kerbau, onta, dll. ada aturan khusus dalam hal penyembelihan hewan qurban dan ini membedakannya dengan penyembelihan hewan bicita-cita.

untuk itulah umat islam dianjurkan untuk menyambut hari raya qurban dengan penuh suka cita dan bergemminuman beralkohola, sebagaimana dikisahkan dari anas bin malik radhiallahu’anhu:“di mcita-cita rasulullah shallallahu’alaihi wcita-citallam baru hijrah ke madinah, warga madinah memiliki dua hari raya yang bicita-citanya di hari itu mereka bersenang-senang. rasulullah bertanya: ‘perayaan apakah yang dirayakan dalam dua hari ini?’. warga madinah menjawab: ‘pada dua hari raya ini, dahulu di mcita-cita jahiliyyah kami bicita-cita merayakannya dengan bersenang-senang’. maka rasulullah shallallahu’alaihi wcita-citallam bersabda: ‘sungguh allah telah mengganti hari raya kalian dengan yang lebih baik, yaitu idul adha dan ‘idul fithri’ ” (hr. abu daud)

sebelum melaksanakan pemotongan hewan qurban, umat muslim diperintahkan untuk menunaikan shalat idul adha kecuali bagi mereka yang memiliki uzur dan hambatan.

qurban (kurban) artinya hewan tertentu yang disembelih bagi insan untuk menjadi lebih dekat dengan kasih akung allah. dalam fiqh qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih dikala idul adha. kami menyebutnya “qurban”.

menyembelih binatang disebut “tadhiyya” yang berarti menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan niat ibadah dan ketaatan. ini juga dapat disebut “zabh” dan “nahr”.

yang dimaksud dengan hewan khusus artinya hewan yang diterima menurut syariat gama sebagai korban mirip domba, kambing, sapi dan unta. yang dimaksud dengan waktu tertentu artinya hari idul adha. dalam hukum islam qurban untuk melakukan ritual wajib di dunia ini dan untuk menerima amal baik (pahala) untuk akhirat. alcita-citannya artinya kedatangan waktunya. seiring dengan berjalannya waktu, waktu untuk qurban juga berulang dan kewajiban kurban juga berulang. (abu daud)

pengorbanan (adha) berarti “mendekatkan diri” dalam kaus yang maksudnya mendekatkan diri pada allah, mengorbankan harta duniawi demi allah, tunduk kepada allah dan bersyukur kepada allah. qurban menjadi praktek islam yang sah pada tahun kedua hijrah.
qurban dilakukan dengan maksud mendekatkan diri kepada allah dan hanya demi allah. dilarang oleh agama (haram) untuk mengorbankan hewan bagi siapa pun selain allah. rasulullah (saw) memperingatkan orang-orang mencoba untuk berqurban untuk orang lain selain allah dengan kata-kata ini:
“semoga allah melaknat orang-orang yang mengorbankan binatang untuk orang lain selain untuk allah.” (muslim, ncita-citai).

ibadah qurban banyak manfaat nya alcita-citannya artinya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada allah, jadi hendaklah kalau kita ingin berqurban, berqurban lah dengan hewan qurban yang sesuai syariah qurban, hal ini membuat qurban kita sah.

kami menyediakan banyak sekali jenis hewan qurban terutama sapi qurban, kami menjual sapi qurban yang berkualitas, sesuai syariah dan kriteria hewan qurban, hewan qurban yang kami jual selalu di jaga kesehatan nya, dan juga di rawat dari pakan nya, hal ini membuat hewan qurban kami memiliki kualitas yang baik dan bebas dari penyakit.

bagi anda yang berminat dan ingin tahu lebih lanjut silakan berkunjung eksklusif ke sangkar kami atau mampu menghubungi costumer service kami berikut ini:
call center 022. 8780 5529
hp. 0818 0948 5192 (xl)
hp. 0813 2148 6068 (simpati)
hp. 0856 0768 1718 (im3)
pin. bb . 5832 f5c9

lokasi sangkar :
cicaheum atas bandung

Leave a Comment

Name (required)
Email (required)
Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>